Texturing
modelling pada Relief Candi
Langkah – Langkah Pemberian Texture:
11) Buka
aplikasi Blender
22) Beri
objek cube atau gunakan cube yang tersedia (add >> mesh >> cube)
33) Bagi
atau split lembar editor seperti gambar dibawah ini:
4
44) Lalu
lembar editor bagian kanan kita ubah tipe editornya menjadi UV/ Image Editor
55) Klik
Image >> open image >> pilih gambar tample
66) Selanjutnya
pada lembar editor bagian kiri pilih edit mode.
77) Klik
mesh >> uv unwarp >> cube projection.
88) Setelah
terlihat seperti gambar diatas kita akan memberikan texture secara merata per
kotak.lihat pada lembareitor bagian kiri ,karena sudah sesuai kotaknya maka
tinggal kita klik mode shade menjadi texture. Akan nampak seperti berikut:
99) Jika
kita render hasil textur ini maka tidak akan tampak gambar reliefnya, maka dari
itu kita perlu ke tool bagian kanan klik material >> new material setelah
itu beri nama relief.
110) Klik
texture >> new texture beri nama relief1 >> klik clouds >>
image or movie >> open, pilih gambar tadi yang kita gunakan untuk UV
mapping.
111) Setelah
itu render maka hasilnya seperti berikut :
Texture terlihat tidak merata hanya
bagian sisi atasnya saja yang terlihat relief. Untuk itu kita perlu membenahi
sedikt yaitu geser krusor kebawah pada mapping ganti coordinte generated
menjadi UV. Renderlah (F12).
Sudah terlihat rata reliefnya pada
setiap sisi cube. Esc >> pada objek tool klik smooth untuk memperhalu
permukaan.
112) Kembali
ke objek editor selanjutnya beri beberapa textur tambahan untuk memberikan
kesan realistis pada dinding relief.
113) Atur
setap texture tambahan yang jumlahnya ada 4 dengan menyamakan seperti textur
relief 1. Namun perlu ubah setinganan pada influence. Pada diffuse uncheklis color
>> cheklis geometry, ubah ukurannnya menjadi -0.2 . lakukan hal yang sama
pada semua textur 3,4,5. Maka akan terlihat seperti berikut :
0 komentar:
Posting Komentar